Brilliant Legacy / Shining Inheritance

Brilliant Legacy atau dengan judul lain Shinning Inheritance jadi penampilan awal Lee Seung-gi di dunia akting. Berkat serial yang ditayangkan di SBS ini, dia menjelma jadi aktor top dan representasi K-Wave. Sebelumnya, dia telah dikenal sebagai penyanyi balad kondang. Namanya juga melejit sejak jadi member season 1 variety show kocak, 2 Days 1 Night.

Brilliant Legacy tayang pada 2009. Serial dengan total episode 28 ini (masih dengan format satu episode satu jam), memiliki genre family drama.

Jadi, jumlah episode sebanyak itu, wajar saja. Biasanya, genre ini justru memiliki episode lebih panjang, apalagi untuk pengisi slot Sabtu dan Minggu malam.

Saya sebenarnya bukan penyuka genre family drama, cuma karena ini Seung-gi yang main, ya wajib nonton. Apalagi, lawan mainnya si cantik Han Hyo-joo. Gara-gara Seung-gi pula, saya memutuskan menonton ulang serial ini belum lama ini.

Brilliant Legacy menceritakan kisah dua keluarga, yakni keluarga Go dan Sunwoo. Han Hyo-joo memerankan tokoh Go Eun-sung. Dia putri Go Pyung-joong. Eun-sung punya adik bernama Go Eun-woo, yang mengidap autis, serta ibu tiri bernama Baek Sung-hee dan saudara perempuan tiri, Yoo Seung-mi, yang diperankan Moon Chae-won.

Sementara Seung-gi memerankan tokoh Hwan Sunwoo, putra sulung keluarga Sunwoo yang kaya raya. Ayahnya telah meninggal sejak dia masih kecil. Sunwoo tinggal bersama neneknya, Jang Sook-ja, ibu serta adik perempuannya.

Cerita berawal setelah Sungwoo dan Eun-sung pulang ke Seoul dari kuliah di New York. Eun-sung pulang karena hendak menjemput sang adik yang akan sekolah musik bersamanya, sedangkan Sunwoo karena diminta bekerja di perusahaan sang nenek.

Pada awalnya, Sunwoo digambarkan sebagai pemuda ganteng, arogan, seenak sendiri, pemalas, dan seterusnya, watak khas para chaebol di drama Korea itu…

Sebaliknya, Eun-sung merupakan sosok yang cantik, ramah, namun kuat dan tegar meski dia juga berasal dari keluarga berada.

Kehidupan Eun-sung berubah seketika saat sang ayah meninggal dunia. Kemudian, dia dan adiknya diusir oleh ibu tiri yang ingin menguasai harta demi putri kandungnya.

Hidup Eun-sung terlunta-lunta. Tak hanya kehilangan kehidupannya yang nyaman, dia juga harus menerima fakta ditinggal pergi selamanya oleh ayahnya. Setidaknya seperti itu sepengetahuannya. Ditambah lagi, sang adik ikut menghilang.

Suatu ketika, Eun-sung menolong nenek tua yang pingsan. Dalam kekurangannya, dia merawat sang nenek dengan tulus, membuat nenek misterius itu terkesan kepadanya.

Siapa nyana, nenek tersebut adalah nenek Sunwoo. Sebelumnya, Eun-sung dan Sunwoo terlibat sebuah kejadian yang membuat keduanya “bermusuhan”.

Sang nenek ketika itu pada titik sangat jengkel dengan kelakuan menantu serta cucu-cucunya. Diceritakan, mereka hanya hidup foya-foya, nggak mau bekerja sehingga terkesan parasit buat sang nenek. Padahal, kekayaan yang mereka nikmati merupakan jerih payah sang nenek.

Nenek Sook-ja sudah hilang akal meminta menantu dan cucu-cucunya berubah agar menjadi lebih menghargai kehidupan, mengetahui betapa beratnya mencari uang, dan betapa berharganya uang itu.

Solusi muncul ketika ia mengenal Eun-sung. Sunwoo, ibu, dan adiknya kaget berat saat nenek Sook-ja membawa Eun-sung pulang ke rumah dan mengumumkan dia akan memberikan seluruh warisan kepada Eun-soo.

Sejak itu, garis hidup Sunwoo terus bersinggungan dengan Eun-sung. Ujungnya ya bisa ditebak, keduanya saling jatuh cinta.

Kisah cinta pasangan ini, seperti biasa, terhalang keberadaan orang ketiga. Di pihak Eun-sung ada Park Joon-se, sepupu Sunwoo, yang menjadi dewa penolong Eun-sung, di pihak Sunwoo ada Seung-mi, yang mendapat bantuan dari ibunya berusaha untuk selalu menjauhkan Sunwoo dari Euns-ung.

Layaknya drama keluarga, ada peran antagonis di sini, yakni ibu tiri Eun-sung dan saudara tirinya.

Saya tak terlalu menyukai jenis drama Korea seperti ini, terlebih dengan karakter pemeran utama wanita yang lebih sering mengalah dan diam ketika ditindas. Belum lagi jalinan ceritanya yang klise, nggak beda jauh sama sinetron lokal.

Hanya demi Seung-gi saja saya bertahan hehehe…

Satu lagi, meski saya juga menyukai Han Hyo-joo, saya tak terlalu melihat ada chemistry di antara pasangan Sunwoo dan Eun-sung (Seung-gi dan Hyo-joo). Padahal, mereka sebaya, sama-sama kelahiran 1987. Belum lama ini, Seung-gi juga pernah mengatakan ingin bekerja sama dengan Han Hyo-joo lagi. Tapi, ya itu, saya kurang menikmati. Mungkin terkesan nanggung karena kalau terlalu romantis, kurang cocok dengan genre-nya.

Cuma, kalau lagi gabut, nggak ada salahnya menonton serial ini. Saat ditayangkan, Brllliant Legacy mendapat respons bagus dari penonton dengan acuan ratingnya yang tinggi dan merupakan satu di antara serial top pada 2009. Hal ini berarti serial ini memang mendapat tempat di hati penonton. Kalau saya ya, demi Seung-gi saja sih hehee…

  • Han Hyo-joo as Go Eun-sung
  • Lee Seung-gi as Hwan Sunwoo
  • Moon Cha-won as Yoo Seung-mi
  • Bae Soo-bin as Park Joon-se
  • Tayang:  25 April-26 Juli 2009 di SBS
  • Jumlah Episode: 28

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s