You Are All Surrounded

You Are All Surrounded rilis enam tahun silam, tayang tepatnya di SBS 7 Mei-17 Juli 2014. Saya baru nonton, karena nggak tahu kenapa, tiba-tiba kangen sama Go Ara dan jadilah, nyangkut di serial satu ini.

Sebelumnya, saya nonton Miss Hammurabi, yang main Go Ara juga, cuma gara-gara sinyal ambyar, beralih ke You Are All Surrounded, dan ternyata pas kebeneran sinyal kooperatif buat nonton streaming-an.

Sebenarnya sudah lama ada teman yang merekomendasikan buat nonton You Are All Surrounded, cuma baru sempat sekarang. Selain gara-gara Go Ara, juga karena ada Lee Seung-gi. Saya penggemar berat keduanya. Jadi, yaa maaf, kalau ngaku penggemar berat, tapi sempat nonton karya mereka sekarang hehehee.

Bagi Kamu yang suka drakor genre aksi dibumbui sedikit suspense, crime, banyak humor, dan ada sekelumit kisah asmara, You Are All Surrounded pantas ditonton.

Kisah berawal dari kejadian 11 tahun silam, ada kasus pembunuhan seorang wanita di Masan. Wanita itu, ibu Kim Ji-yong, siswa SMP setempat. Dia menyaksikan sang ibu dibunuh di depan matanya. Sebelum tewas, Kim Hwa-young (ibu Ji-yong), bersedia jadi saksi sebuah kasus pembunuhan. Dia diyakinkan seorang detektif di Kepolisian Masan bernama Seo Pan-seok.

Semula, Hwa-young sedikit ragu menjadi saksi karena dia sudah mendapat ancaman. Namun, atas saran Ji-yong juga garansi Pan-seok yang akan melindunginya, Hwa-young bersedia bersaksi. Namun, Hwa-young lebih dulu dibunuh.

Ji-yong, yang jadi saksi tunggal tewasnya sang ibu, juga diburu sang pembunuh sehingga dia memutuskan kabur dari Masan, mencari perlindungan yang dia percaya.

Meloncat ke masa sekarang, Seo Pan-seok sudah menjadi detektif legendaris. Dia jadi salah seorang komandan di Kantor Polisi Gangnam. Suatu ketika pimpinan Kantor Polisi membawa empat orang, yang lantas dikenalkan sebagai rookie detektif di bawah Pan-seok. Mereka, lulusan sekolah kepolisian, adalah Eun Dae-gu, Eo Soo-sun, Park Tae-il, dan Ji Gook. Keempatnya ganteng dan cantik, bikin semangat nontonnya. Eh.

Pada awalnya, Pan-seok enggan menerima mereka karena menganggap keempatnya hanya bikin repot dan nggak berbakat jadi detektif andal. Ya, awalnya memang begitu sih. Banyak kejadian kocak ditunjukkan empat rookie itu pada awal bertugas jadi detektif. Kekonyolan mereka berempat sukses bikin saya ngakak. Tapi, lama-lama mereka jadi jago seiring kasus demi kasus yang wajib dipecahkan.

Kasus utama adalah pembunuhan di Masan 11 tahun silam. Siapa sangka, Kim ji-yong, saksi hidup itu, kini menjadi Eun Dae-gu.

Di bagian awal, penonton disuguhi siapa sosok Eun Dae-gu itu sebenarnya dan rasa penasaran Seo Pan-seok, mengapa Dae-gu begitu membencinya. Seiring dengan itu, Pan-seok mencoba membongkar jati diri sebenarnya Dae-gu. Hal sama dilakukan Soo-sun, yang menaruh kecurigaan dia adalah teman sekampungnya, yang punya story khusus dengannya.

Buat saya, terlepas dari duet Lee Seung-gi dan Go Ara yang jadi daya tarik utama, drakor satu ini mampu menghibur. Berkat sedikit misteri, siapa sih dalang pembunuh ibu Ji-yong aka Dae-gu, makin membuat saya betah bertahan hingga episode akhir.

Seiring episode demi episode, kita dibawa menyelami kehidupan Dae-gu, yang jadi tokoh utama dalam drakor ini. Tekadnya yang besar untuk mencari pembunuh ibunya. Beruntung, dia mendapatkan sahabat-sahabat sekaligus rekan kerja yang setia dan berjuang tak kenal lelah ikut membongkar kasus kematian ibu rekannya.

Selain aksi dibumbui sedikit misteri, You Are All Surrounded juga menawarkan kisah persahabatan di antara empat sekawan rookie itu, juga loyalitas terhadap profesi.

Satu lagi, eh dua lagi, seperti sudah saya singgung di atas, drakor 20 episode ini juga sarat adegan kocak yang sukses membuat saya hepi, tapi di lain waktu, ikut terharu menyelami kehidupan berat yang dijalani Dae-gu, maupun masing-masing tokoh dalam serial ini.

Secara keseluruhan, saya terhibur dan nggak menyesal menonton You Are All Surrounded. Penokohannya oke, chemistry di antara pemeran oke, akting oke, story line lumayan, OST lumayan.

Performa Seung-gi mantap, pas banget dia memerankan Dae-gu/Ji-yong yang dipenuhi amarah, insecure, cerdas (IQ 150). Saya senang dia bisa menyuguhkan akting cowok yang terlihat kuat dari luar, tapi rapuh dan kesepian banget. Saat air matanya menetes satu demi satu, di situlah saya ingin memeluk Seung-gi-yaa. Cieee. Satu lagi, saya nge-fans gaya pakaian Seung-gi di sini.

Yah, untungnya dia punya Soo-sun. Go Ara juga pas berperan sebagai Soo-sun. Sekilas mengingatkan saya pada perannya di drakor-nya sebelum You Are All Surrounded, Reply 94. Rambutnya mirip, Soo-sun dan Sung Na-jung juga sama-sama berasal dari Masan. Oya, Go Ara cantik banget di serial ini.

Semua itu bikin saya nggak bosen melahap episode demi episode sampai tuntas. Secara khusus, You Are All Surrounded punya awal dan akhir yang bagus.

Kendati, di beberapa scene saya merasa agak klise, terlalu dipaksakan, dan “nggak banget”. Tapi, itu semua wajar, masih bisa ditoleransi.

Highlight saya, jelas pada interaksi Dae-gu dan Soo-sun. Lantaran genre serial ini bukan romansa, jadi interaksi sekecil apa pun di antara keduanya, bikin saya lebih fokus. 

Kisah asmara Dae-gu dan Soo-sun ini, yang dalam beberapa scene saya gambarkan: keromantisan berbalut kesedihan. Haa. Lucu, kalau ingat Ji-yong dulunya naksir musuhnya Soo-sun, di masa sekarang, dia yang ngejar-ngejar Soo-sun yang lebih tua dua tahun darinya. Hee. Layak ditonton.

  • Lee Seung Gi as Eun Dae-gu/Kim Ji-yong
  • Cha Seung-won as Seo Pan-seok
  • Go Ara as Eo Soo-sun
  • Ahn Jae-hyun as Park Tae-il
  • Park Jung-min as Ji Gook
  • Oh Yoon-ah as Kim Sa-kyung
  • Sung Ji-ru as Lee Eung-do
  • Seo Yi-sook as Kang Seok-soon
  • Rilis: 7 Mei-17 Juli 2014
  • Episode: 20
  • Produksi: SBS

 

One thought on “You Are All Surrounded

  1. Pingback: Brilliant Legacy / Shining Inheritance | Aning Jati's

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s