The King 2 Hearts

Serial Korea memang nggak ada matinya. Apaa saja bisa dijadikan ide cerita. Sampai isu sensitif seperti perdamaian Korsel-Korut pun dijadikan tema, yang ternyata direspons cukup baik oleh pencinta serial televisi di Negeri Ginseng.

Buktinya, serial ini yang akan saya bahas kali ini, The King 2 Hearts, selalu masuk tiga besar rating tertinggi dalam tiap pekan penayangan sampai 20 episodenya. Padahal, bukan rahasia umum lagi kalau kebanyakan penduduk di dua negara itu sama-sama ngotot negara mereka tak bisa disatukan. Alasannya, karena kondisi dan situasi yang saling bertolak belakang. Jika dipaksakan, justru akan membuat menderita.

Untuk sekadar berdamai sebagai sebuah negara yang berdiri sendiri, mungkin iya. Hal itu berarti saling provokasi dan ketakutan meletusnya perang yang selama ini dirasakan akan lenyap. Tapi, tidak untuk bersatu, layaknya Jerman Barat dan Jerman Timur.

Harapan yang pertama itulah yang dipilih jadi latar belakang utama serial The King 2 Hearts (K2H). Korsel dan Korut bisa hidup berdampingan sebagai tetangga yang saling menghormati. Seolah belum cukup, tambahkan ‘imajinasi’ itu dengan kerajaan plus pangeran manja nan tampan. Hasilnya? Sebuah jalinan cerita yang menarik. Jika mencari serial dengan unsur komedi, romantis, dan sedikit aksi, maka K2H ini cocok.

Apalagi dua pemeran utamanya, Lee Seung-gi dan Ha Ji-won sudah jaminan mutu. Bisa jadi pasangan pemeran utama itu merupakan faktor penarik lain untuk menonton serial ini. Ji-won di sini berperan sebagai Kim Hang Ah, agen spesial Korut, sedangkan Seung-gi jadi pangeran Lee Jae-ha.

Keduanya bertemu dan bergabung menjadi satu tim atas nama Korea, bersama empat petugas lain, yang berpartisipasi dalam event WOC (World Officers Championship).  WOC merupakan agenda pertama yang resmi dihadiri perwakilan dari dua Korea sebagai satu tim, pasca perdamaian kedua Korea tersebut. Ide WOC lahir dari ayah Jae-ha, yang baru bisa terlaksana saat kerajaan dipimpin Lee Jae-kang (Lee Sung Min), kakak Jae-ha.

Ada yang bingung mesti… hehe… Jadi, ceritanya, pemerintahan Korsel saat ini berbentuk konstitusional monarki. Ada perdana menteri, namun raja dan keluarga kerajaan yang punya kendali penuh. Jae-kang sangat berharap perdamaian Korsel-Korut bisa benar-benar terwujud. Selain menggelar WOC, siapa sangka kalau Jae-kang juga merencanakan adanya pernikahan keluarga kerajaan dengan warga Korut. Korbannya siapa lagi kalau bukan Jae-ha dan Hang Ah haha.

Yang namanya serial, kurang afdal jika tak ada pemeran antagonis alias penjahat. Di sini, Club M yang dipimpin John Meyer a.k.a Kim Bong Gu (Yoon Je Moon) yang jadi penjahat. Club M ini merupakan perusahaan internasional pemasok senjata yang memiliki link khusus dengan pemerintah-pemerintah di sejumlah negara.

Singkatnya, Club M sangat berpengaruh posisinya. Bong Gu sejak kecil membenci keluarga kerajaan dan terus berusaha menggagalkan perdamaian Korsel-Korut.

Kejadian penting lainnya, Jae-ha tiba-tiba harus menjadi raja menggantikan Jae Kang yang tewas bersama istrinya. Mampukah Jae-ha mengemban tugas maha penting itu? Maklum, meski berIQ 187, tak membuat Jae-ha tertarik dengan dunia politik dan kerajaan. Hobinya bersantai-santai dan semaunya sendiri. Bagaimana pula dengan perjodohannya dengan Hang Ah, apakah berjalan lancar sesuai rencana?

Bagi yang menggemari romantisme, jangan lewatkan adegan-adegan yang melibatkan Jae-ha dan Hang Ah, yang pada awalnya saling ingin mendepak satu sama lain. Cute banget.

Kalau yang suka sedikit aksi, tonton adegan pas tim Korea melawan tim US di WOC. Jika ingin tertawa, saksikan saja tingkah-polah Rhee Kang Seok (Jung Man Shik) yang diam-diam ngefans SNSD, atau persahabatan ala aparat Korsel dan Korut.

Nah, kalau ingin bermelow-ria, ada banyak kesempatan di serial ini. Seperti masa-masa bagaimana keluarga kerajaan menghadapi kematian Jae-kang dan cacatnya Jae-shin (Lee Yoon Ji). Bikin nggambreng. Menurut saya, porsi menangis dan tertawa di serial ini lumayan berimbang…

Yang menarik lainnya, yakni saat cerita bersetting di Korut. Kru K2H bisa membangun suasana layaknya asli, dengan stasiun kereta api bawah tanahnya dan beberapa lokasi lain, termasuk Zona Demiliterisasi (DMZ).

Sayangnya, mengapa Eun Shi Kyung (Jo Jung Suk) harus mati?? Kenapa orang baik hati dan ganteng harus mati?! Eh, malah ditulis. Jadi nggak seru dong ya… haha. Tapi, tenang saja, serial ini berakhir dengan bahagia kok.

Apalagi Seung-gi cocok banget memerankan raja Korea yang muda, segar, pintar, pede, tapi aslinya rapuh. Dan itu, duh, gantengnya kelewat batas haha. Dia cocok-cocok saja dipasangkan dengan Ji-won, nuna yang 9 tahun lebih tua darinya! Great couple.

The King 2 Hearts promotional posterLee Seung Gi as Lee Je Ha
Ha Ji Won as Kim Hang Ah
Jo Jung Suk as Eun Shi Kyung
Lee Yoon Ji as Lee Jae Shin
Kwon Hyun Sang as Yeom Dong Ha
Lee Sung Min as Lee Jae Kang
Choi Kwon as Kwon Young Bae
Jung Man Shik as Rhee Kang Seok
Yoon Je Moon as Kim Bong Gu
Jumlah Episode: 20
Tayang di: Munhwa Broadcasting Corporation
Jadwal Tayang: 21 Maret-24 Mei 2012

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s