The Rooftop Prince

Ayooo mariiii bagi yang mengaku penggemar serial-serial Korea, tidak boleh melewatkan serial yang satu ini. Judulnya, The Rooftop Prince (RTP). Baru saja selesai tayang di negara asal, 24 Mei lalu. Jadi masih fresh from the oven. Tapi seperti biasa, kita sudah bisa menyaksikan via internet di beberapa situs yang menguplod videonya. Ato, bahkan sekarang sudah ada dvd bajakannya lengkap sampai episode terakhir he he he..

Serial ini benar-benar memikat saya. Ceritanya bagus, akting pemain super mantap. Oke, mari dibahas dari sisi jalinan cerita. Pasti sudah banyak yang tahu, kalo di Korea sana sekarang kayaknya lagi demen bikin serial dengan tema semacam ‘time traveler’ gitu deh. Orang dari sekian puluh bahkan ratus silam, meloncat ke masa kini.

Nah, RTP ini juga begitu. RTP ini bisa dibilang jadi pioner untuk serial dengan tema tersebut. Soalnya setelah RTP tayang ada pula time-traveling series lain seperti Queen In Hyung’s Man dan Dr. Jin. Belum ngikuti sih untuk dua judul serial tadi, jadi belum bisa membandingkan dengan RTP. Bagi yang suka dengan serial yang menawarkan fantasi, romantise dengan dibumbui humor super kocak, maka tak boleh melewatkan RTP.

Jadi, RTP ini menceritakan kisah putra mahkota yang hidup di zaman Joseon tahun 1712 bernama Lee Gak (Micky Yoochun). Ketika sedang menyelidiki misteri kematian putri mahkota, Lee Gak dan tiga orang kepercayaannya secara misterius terlempar ke masa sekarang, tahun 2012 ini. Keempatnya terdampar di ‘rumah atap’ Pak Ha (Han Ji Min). Tidak hanya Pak Ha yang kaget dengan kemunculan mendadak orang-orang dengan pakaian aneh di rumahnya, Lee Gak dan his gank juga sama kagetnya. Terkena monster jetlag mereka tergagap-gagap menyadari jika sekarang berada di masa 300 tahun ke depan.

Rooftop Prince

Nah, dimulailah adegan-adegan konyol bikin ngakak saat bagaimana mereka beradaptasi dengan kehidupan masa kini. Perlu diperhatikan, adegan penuh humor ini tersebar di setiap episodenya hingga tamat. Jadi bukan hanya pas episode awal-awalnya saja ya. Sampai sekarang kalo ingat beberapa adegan yang melibatkan, Song Man Bo (Lee Min Ho), Woo Yong Sool (Jung Suk Won), dan Do Chi San (Choi Woo Shik) yang adalah anak buah Lee Gak, saya masih suka geli sendiri 😀

Lee Gak kemudian menyadari di masa kini ada Yong Tae Yong, reinkarnasi dirinya. Ada pula Hong Se Na (Jung Yoo Mi) yang merupakan reinkarnasi putri mahkota. Lee Gak lantas berpura-pura menjadi Tae Yong dan mendapati ia punya saudara sepupu bernama Yong Tae Mu (Lee Tae Sung). Konflik demi konflik pun bergulir.

Lee Gak dan anak buahnya mempercayai bahwa apabila Lee Gak menikahi Se Na, maka sejarah akan kembali terulang dan misteri pembunuhan putri mahkota bisa terungkap. Lebih penting lagi, mereka bisa kembali ke Joseon. Namun, siapa sangka Lee Gak justru jatuh cinta pada Pak Ha? Dalam perjalanannya, Pak Ha ini justru menjadi sosok sentral dalam misi Lee Gak mengungkap misteri pembunuhan putri mahkota.

Salut untuk penulis skenario RTP, Lee Hee Myung, yang mampu mengaduk-aduk emosi penonton dengan plot-plotnya yang terkadang twist, tapi tak berbelit-belit. Dan yang paling sulit, adalah memberikan akhir cerita yang bisa memuaskan penonton. Hee Myung terbukti berhasil karena RTP sejak episode pertama selalu masuk tiga besar serial dengan rating terbaik di Korea, bersaing dengan Equator Man dan The King 2 Hearts. Pada final episodenya RTP bisa nongkrong di posisi pertama rating terbaik. Well done-lah.

micky yoochun-han ji min

IMHO, ending RTP cukup realistis, nggak lebay. Nggak sangat hepi ending, tapi juga tidak menyedihkan. Mengharukan iya, tapi bagus. Oh ya, selain kocak, RTP ini juga menyuguhkan kisah melow, terutama soal hubungan Lee Gak-Pak Ha. Romantis yang kadang bikin haru he he he…Termasuk juga kisah Se Na-Pak Ha yang sodaraan itu.

Kalau soal akting pemain, kayaknya nggak ada yang perlu dikomentari deh. Aktor-aktris Korea sepertinya sudah jago-jago semua wkwkw. Chemistry antara Micky-Ji Min juga dapat  banget! Makanya, banyak yang sedih pas serial ini tamat. Biasalah he he he.

Pokoknya, RTP wajib ditonton. Rugi kalau sampai melewatkannya! RTP ini langsung masuk daftar serial Korea favorit saya. Persis kayak My Princess, City Hunter, Secret Garden, dan BBF. Alasannya, RTP ini komplet. Ada bagian ‘misteri’ yang bikin penasaran, ada romantisme trus melownya. Yang paling penting sih RTP kocak banget. Karakter Lee Gak, Pak Ha, Man Bo, Yong Sool, dan Chi San cukup menyegarkan.

Gara-gara RTP ini pula, saya jadi ngiler pingin ke Jinan. Hee itu lokasi yang ada di episode 13. Bagus banget. Galaxy Note-nya juga menggiurkan wakaaakaa… Hmm jadi ingat Lie to Me nih, yang mamerin penonton dengan hp Galaxy SII 🙂

Oya, bisa buka situs dramabeans untuk ikut nimbrung kasih komen soal RTP. Ratusan fans saling berbagi apa saja soal RTP di setiap edisinya. Dan situs itu sudah terbukti sangat membantuku mengobati rasa penasaran akut nunggu episode demi episodenya, dengan rekap mereka yang superdetil.

 

Micky Yoochun as Lee Gak/Yong Tae Yonggeng heboh :p
Ha ji Min as Pak Ha
Lee Tae Sung as Yong Tae Mu
Jung Yoo Mi as Hong Se Na
Lee Min Ho as Song Man Bo
Jung Suk Wong as Woo Yong Sol
Choi Woo shik as Do Chi San
Directed by Shin Yoon Sub
Jumlah Episode: 20
Tayang di: SBS, 14 Maret-24 Mei 2012

*all pic from hancinema

Advertisements

5 thoughts on “The Rooftop Prince

Comments are closed.