Hello, Schoolgirl

Dalam masyarakat Korea Selatan yang katanya modern itu, pasangan yang menjalin hubungan dengan perbedaan usia mencolok nyatanya masih kerap dianggap tabu. Jangankan jika usia si wanita jauh lebih tua ketimbang si laki-laki. Kondisi sebaliknya pun, laki-laki berumur jauh lebih tua dari wanita, tetap dianggap sesuatu yang tidak biasa alias tak normal.

Meski sudah jadi negara maju, Korsel memang salah satu negara yang tetap memegang teguh nilai budaya dan tradisi dalam kehidupan sehari-hari. Tema inilah yang diangkat dalam film Hello, Schoolgirl, keluaran 2008 silam. Meski sudah berumur empat tahun, film ini tetap asik untuk dinikmati karena temanya masih tetap updet.

Hello, Schoolgirl mengangkat kisah dua pasangan beda usia. Pasangan pertama; Kwon Yeon Woo (Yoo Ji Tae)-Han Soo Young (Lee Yeon Hee) yang punya selisih umur cukup besar, yakni 12 tahun. Ji Tae memerankan tokoh Yeon Woo, pria pendiam berusia 30 tahun yang bekerja sebagai pegawai negeri. Hidup Yeon Woon selama ini digambarkan biasa-biasa saja bahkan cenderung kesepian karena ia hidup sendiri lantaran kedua orangtuanya sudah meninggal dunia.

Sedangkan pasangannya, Soo Young, yang masih berstatus pelajar SMA dimainkan oleh Yeon Hee. Soo Young yang masih ABG ini sebenarnya juga bukan sosok gadis yang terlalu menonjol dalam kesehariannya. Somehow, Yeon Woo-Soo Young saling tertarik. Mungkin witing tresno jalaran soko kulino karena keduanya tinggal di apartement yang sama.

Keduanya membuktikan bahwa perbedaan usia yang jauh tidak menghalangi mereka untuk merasa nyaman satu sama lain ketika bersama, juga bisa saling melengkapi karakter pasangannya. Akhirnya, Yeon Woo-Soo Young sepakat jalan bareng. Itu pun didahului dengan sikap malu-malu 🙂

Masalah muncul tatkala ibunda Soo Young tak merestui hubungan putrinya dengan Yeon Woo. Ibu Soo Young memang mengakui bahwa Yeon Woo adalah pria baik-baik. Hanya, Yeon Woo dianggap bukanlah pasangan yang tepat untuk putrinya yang baru beranjak dewasa.

Nah, berkebalikan dengan kisah asmara Yeon Woo-Soo Young, di mana cowoknya yang jauh lebih tua, ada Kang Sook (Kang In) yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan wanita misterius, Kwon Ha Kyeong (Chae Jung An). Ha Kyeong lebih tua tujuh tahun dari Kang Sook, yang teman Yeon Woo itu. Lalu, bagaimana akhir kisah kedua pasangan beda usia itu?

Bagi saya, Hello, Schoolgirl menjadi salah satu film yang menarik. Padahal, plotnya berjalan datar, nyaris tanpa letupan-letupan yang menguras emosi. Hanya mengalir begitu saja. Cuma aku cukup enjoy menonton adegan-adegan, terutama yang melibatkan Yeon Woo-Soo Young, yang sweet itu 🙂

Respon publik Korsel pun tak jauh beda. Buktinya, Hello, Schoolgirl jadi pemuncak box office di pekan pertama pemutarannya medio November 2008. Bisa jadi karena penonton penasaran ingin melihat versi film Hello, Schoolgirl setelah membaca komiknya. Maklum, Hello, Schoolgirl versi film merupakan adaptasi webkomik populer karya Kang Full, dengan judul yang sama.

 

Yoo Ji Tae as Kwon Yeon WooHello, Schoolgirl
Lee Yeon Hee as Han Soo Young
Kang In as Kang Sook
Chae Jung An as Kwon Ha Kyeong
Sutradara: Ryoo Jang Ha
Rilis: 27 November 2008
Durasi: 113 menit

Advertisements

One thought on “Hello, Schoolgirl

  1. Pingback: Kisah Asmara Kerap Menginspirasi Taylor Swift | bijak.net

Comments are closed.