Cinderella’s Stepsister / Cinderella’s Sister

Harus diakui kalau saya ternyata juga penggemar melodrama romantis. Itu, drakor yang bikin nangis-nangis karena ceritanya yang mengharu biru dan baper sama scene romantisnya.

Di antara kebingungan mau nonton apa di Netflix, saking banyaknya pilihan, ujung-ujungnya saya malah memutuskan nonton ulang drakor satu ini. Judulnya Cinderella’s Stepsister. Judul lainnya: Cinderella’s Sister.

Drakor ini tayang di KBS, 31 Maret-3 Juni 2010. Sudah selama itu? Yap. Cuma, ini satu di antara drakor terbaik menurutku. Drakor ini pantas menyandang julukan ‘old but gold’.

Meski sudah 10 tahun, tetep asyik kok buat kamu tonton sekarang. Saya saja sudah entah berapa kali nontonnya sejak kali pertama nonton bertahun-tahun silam.

Apa yang bikin saya senang dengan drakor satu ini? Well, pertama sepertinya karena deretan pemainnya. Seperti biasa, keputusan saya menonton sebuah drakor sangat dipengaruhi siapa yang main. Kendati drakor itu meledak luar biasa, viral mengangkasa, kalau saya nggk sreg sama yang main, ya nanti dulu…

Jadi, kemungkinan waktu itu saya karena kepincut sama Moon Geun-young dan Chun Jung-myung. Dan keputusan saya nggak salah, keduanya memberikan penampilan terbaik dalam drakor ini.

Moon Geun-young, yang dapat julukan ‘Adik Nasional Korea’ ini, tampil super. Luar biasa. Akting memikat itu diimbangi penampilan Chun Jung-myung yang juga fantastis dan mengesankan.

Begitu pula jajaran pemeran yang lain. Drakor ini menampilkan exceptional acting dari para bintangnya. Perlu digarisbawahi ya yang satu ini. Pake capslock dan bold kalau perlu 🙂Cinderella's Stepsister/Dok. Hancinema

Selain keduanya, ada Lee Mi-sook (yang jadi ibu kandung Iu dalam drakor You Are The Best!/ The Best Lee Soon-shin), dan Kim Kap-soo, yang dikenal sebagai pemeran watak di drakor. Lalu ada Seo Woo dan personel 2 PM, Ok Taecyeon. Meski masih minim jam terbang di drakor, Seo Woo dan Ok Taecyeon memperlihatkan kematangan aktingnya dalam drakor ini.

Cinderella’s Stepsister memiliki jumlah 20 episode dan punya dua OST bagus banget. Drakor ini disukai dan kondang banget di masanya.

Dari judulnya, mungkin sudah sedikit teraba, ini cerita saudara tiri yang memiliki kisah seperti Cinderella. Tapi, tunggu dulu. Bukan sekadar kisah Cinderella ‘biasa’ yang selama ini kita ketahui ya.

Cerita Cinderella’s Stepsister terfokus pada lima sosok utama, yakni Song Eun-jo/Goo Eun-jo, Goo Hyo-sun, Hong Ki-hoon, Song Kang-sook, dan Goo Dae-sung.

Song Eun-jo adalah anak tunggal dari Song Kang-sook. Tak diceritakan siapa ayahnya. Dia sosok yang sinis, introvert, keras kepala, pesimistis dengan dunia ini, skeptis dengan ide cinta sejati itu ada, namun dia luar biasa cerdas dan sangat mandiri.

Latar belakang watak yang seperti itu karena dia lahir dan besar dalam lingkungan yang tidak stabil, broken home. Ibunya selalu bergonta ganti pasangan hanya demi memenuhi kebutuhan hidup. Hidup berpindah-pindah, menempel pada satu pria ke pria lain untuk menghidupi diri dan anaknya.

Berulang kali, sejak masih muda, Song Eun-jo memiliki pikiran untuk melarikan diri dari sang ibu karena tak tahan dengan tingkah ibunya. Sampai, pada suatu ketika, takdir membawa ibu dan anak ini ke keluarga Goo Dae-sung.

Goo Dae-sung, pemilik perusahaan bir lokal ternama, ayah dari Goo Hyo-sun. Goo Dae-sung digambarkan sebagai pria yang tegas namun berhati lembut, dan bijak.

Sementara Goo Hyu-sun, berkebalikan dengan Song Eun-jo, adalah gadis yang ekstrovert, kekanak-kanakkan, dan manja karena diperlakukan bak putri sepanjang usianya.

Ayah dan anak ini hanya punya satu sama lain sejak istri-ibu mereka meninggal dan mendadak hidup keduanya menjadi berwarna lagi setelah Song Kang-sook dan Song Eun-jo masuk ke keluarga mereka. Keduanya menerima Song Eun-jo dan ibunya dengan cinta tulus. Bahkan, keduanya memilih tetap terus bersama Eun-jo dan ibunya, meski belakangan tahu cinta Song Kang-sook hanyalah pura-pura belaka.

Goo Dae-sung dan Song Kang-sook akhirnya menikah. Song Eun-jo menjadi Goo Eun-jo, kakak dari Goo Hyo-sun. Di sinilah cerita Cinderella itu bermula.

Song Eun-jo, yang mengetahui niat gak bener di balik pernikahan ibunya dengan ayah Goo Hyu-sun, sangat merana. Dia merasa sangat bersalah dengan rencana ibunya terhadap keluarga Goo Dae-sung, untuk menghisap kekayaan keluarga itu demi kehidupan mereka yang lebih baik.

Tapi, bukan Song Eun-jo namanya kalau tinggal diam. Meski tetap dengan bersikap introvert dan sinis bukan main, dia berusaha membayar ‘kesalahan’ sang ibu dengan bekerja dan belajar keras, ulet, dan gigih. Dia tak menyia-nyiakan setiap kesempatan peluang yang diberikan keluarga Goo Dae-sung kepadanya.

Ayah tirinya sangat menyukai sikap Song Eun-jo yang satu ini. Apalagi, tak seperti putri kandungnya, Song Eun-jo memiliki ketertarikan besar terhadap produksi bir yang dikelola Goo Dae-sung dan keberlangsungan perusahaan bir milik ayah tirinya itu.

Sepanjang drakor diceritakan betapa Song Eun-jo merasa seperti harus menanggung ‘dosa-dosa’ yang dilakukan ibunya terhadap keluarga Goo Dae-sung sehingga dia banting tulang melindungi keluarga itu, apa pun risikonya. Termasuk saat perusahaan bir keluarga Goo Dae-sung dalam bahaya, di ambang kebangkrutan dan ancaman pencaplokan jaringan perusahaan bir nasional yang dimiliki keluarga Hong Ki-hoon.

Song Eun-jo meyakini dia tak pantas menerima perhatian dan cinta tulus dari keluarga ayah dan saudara tirinya, termasuk cinta dari Hong ki-hoon. Dia sulit menerima fakta, ada orang-orang di sekelilingnya yang memperhatikannya dengan tulus, mencintainya apa adanya, dan bisa dipercayainya.

Hal itu menyebabkan pertentangan dalam dirinya. Pada akhirnya, Song Eun-jo belajar membuka dirinya sedikit demi sedikit seiring ujian, persoalan, dan tantangan hidup yang dia hadapi dalam melindungi keluarga Gae Dae-sung serta kisah asmaranya dengan Hong Ki-hoon.

Dia menjadi paham bahwa dunia penuh dengan cinta dan kehangatan. Bahwa dia juga berhak mencintai dan dicintai. Bahwa akan ada orang-orang yang setia padanya, yang tidak akan meninggalkannya dan mendukungnya setiap waktu. Dia juga belajar untuk memercayai orang lain.

Perubahan hidup inilah yang membuat Song Eun-jo digambarkan sebagai sosok Cinderella, dari semula berada di masa lalu kelam menjadi hidup dalam terang, dalam kebahagiaan. Happy ending. Bukan Cinderella yang lantas menjadi putri setelah dipinang pangeran kerajaan, atau yang diperlakukan buruk oleh ibu dan saudara-saudara tirinya.

Tapi, Cinderella pada drakor ini juga bisa mengacu pada Goo Hyo-sun, yang setelah sang ayah meninggal, diperlakukan semena-mena oleh ibu tirinya, yang tak lain ibu Song Eun-jo. Padahal, sebelum kematian Goo Dae-sung, Hyo-sun hidup bak puteri. Tinggal kamu melihatnya dari sudut pandang mana, karena kisah Song Eun-jo dan Goo Hyo-sun memiliki pertalian erat.

Di antara kisah keluarga mengharukan ini, kita juga diperlihatkan sisi romantis melalui cerita cinta Song Eun-jo dan Hoon ki-hoon. Saya termasuk pemuja keduanya. Lantaran latar belakang yang njlimet (termasuk cinta segitiga dengan Goo Hyo-sun), keduanya tak banyak beradegan romantis. Tapi, di setiap pertemuan dan percakapan, bikin hati ini ikut belingsatan hehe, seperti tiap kali keduanya bertemu di gudang fermentasi bir 😉 Keduanya sering banget ‘berkomunikasi’ lewat mata, mengingat watak Song Eun-jo yang introvert.

Cinderella's Stepsister/Dok. Hancinema

Saya beberapa kali juga harus menyeka air mata saat menyaksikan scene-scene mengharukan di sepanjang drakor ini, seperti adegan bagaimana Song Eun-jo dan Goo Hyo-sun menghadapi kematian Goo Dae-sung, atau ketika Song Eun-jo merana ditinggal Hong Ki-hoon, saat Hong ki-hoon membujuk ayahnya menghabiskan hari tua bersamanya dan Song Eun-jo, serta masih banyak lagi.

Moon Geun-young dan air mata seolah memang tak terpisahkan. Masih ingat akting supernya saat memerankan tokoh Eun-suh remaja dalam Endless Love/Autumn in My Heart? Ya, semacam itu. Lalu, tatapan mata Song Eun-jo begitu luar biasa. Sinis, dingin, menghujam. Saya saja yang cewek, jatuh hati pada tatapan itu haha… apalagi Hong Ki-hoon 🙂 Moon Geun-young emang pas banget memerankan Song Eun-joo.

Akhir kata, selamat menonton. Siapkan tisu. Jangan lupa mingkem kalo lihat Hong ki-hoon pas cakep-cakepnya di drakor ini. Oya, saya juga menyukai gaya busana dan rambut Song Eun-jo. Keren banget!

  • Moon Geun-young as Song Eun-jo/Goo Eun-jo
  • Seo Woo as Goo Hyu-sun
  • Chun Jung-myung as Hong Ki-hoon
  • Ok Taecyeon as Jung-woo
  • Lee Mi-sok as Song Kang-sook
  • Kim Kap-soo as Goo Dae-sung
  • Jumlah Episode: 20
  • Tayang di KBS: 31 Maret-3 Juni 2010

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s