The City Hall

 

“Politics! What is that anyway? Isn’t it, “For people whose lives are poor, to help them get better lives, and for people whose lives are good, to ask them to help out.” Isn’t that what it is about?” (Shin Mi-rae, City Hall, 2009)

 

Berawal dari kebingungan mencari serial baru Korea yang oke, saya akhirnya memutuskan untuk menonton ulang The City Hall. Sebuah serial korea yang populer pada 2009.

Sekitar dua tahun lalu saya sudah pernah menonton serial bergenre komedi romantis yang dibintangi Kim Sun-ah dan Cha Seung-won ini. Seingat saya, serialnya lumayan menarik.

The City Hall punya storyline yang agak berbeda dari mayoritas serial komedi romantis yang menjual kisah percintaan dan drama keluarga. Di The City Hall yang berdurasi 20 episode, kisah utama terpusat pada perjuangan Shin Mi-rae (Kim Sun-ah), dari semula pegawai negeri sipil kelas bawah hingga jadi wali kota.

Jadi, Shin Mi-rae ini wanita usia 36 tahun yang hampir tujuh tahun lamanya bekerja di bagian umum kantor Wali Kota Inju City. Setiap hari pekerjaannya membuat minuman untuk tamu, sang wali kota, dan juga koleganya.

Meski jadi PNS golongan rendah, Mi-rae punya pribadi hangat, jujur, cekatan sehingga disenangi banyak orang. Suatu ketika Mi-rae ngotot ikut sebuah kontes kecantikan dengan tujuan jika menang di kontes itu, hadiah uang yang diperolehnya dipakai untuk membayar tagihan kartu kredit.

Mi-rae menang, namun hadiah uang itu tak kunjung diterima. Rupanya, uang hadiah itu dikorupsi sang wali kota. Sahabat Mi-rae yang juga bekerja di kantor wali kota, Lee Jung-do (Lee Hyung-chul), diminta wali kota untuk meminta tanda tangan Mi-rae pada kuitansi seolah Mi-rae telah menerima uang itu. Mi-rae yang tidak merasa menerima uang jelas menolak.

Congressman Jo, Mayor Shin Mi-rae, dan rombongan lengkap The City Hall.

Cerita berkembang dengan pengunduran diri Jung-do dan Mi-rae sebagai PNS. Mi-rae kemudian melakukan aksi protes di depan kantor wali kota meminta keadilan. Usaha gigih dan pantang-menyerah Mi-rae yang didukung para sahabat membuahkan hasil. Wali Kota Go Boo-shil (Yeom Dong-hwan) dipecat dan jabatan wali kota Inju City kosong.

Ide gila dimiliki Jo Gook (Cha Seung-won) yang semula berposisi sebagai wakil wali kota. Jo Gook ingin menjadikan Mi-rae sebagai wali kota baru menggantikan Boo-shil.

Di rentang cerita ini, saya disuguhi sajian bagaimana model pemilihan wali kota ala Korsel, termasuk seluk-beluk kampanye. Sepintas saya jadi teringat model pencalonan serta kampanye Jokowi dalam pemilihan umum presiden lalu. Perbedaan mendasar, Mi-rae datang dari kalangan independen sementara Jokowi dicalonkan parpol. Namun, dukungan yang begitu besar buat kedua calon membuat saya senyum-senyum sendiri ketika menonton serial ini. *Eh, saya malah melantur sampai Pilpres Indonesia…

Konflik serial ini berkutat pada penolakan sebagian orang atas keberhasilan Mi-rae jadi wali kota. Kemudian, keberadaan Mi-rae sebagai wali kota yang dianggap sebagai wali kota boneka yang melibatkan Jo Gook. Jo Gook diceritakan punya ambisi untuk ikut dalam pemilihan presiden Korsel.

The City Hall memang serial berbalut bumbu politik dan politisi yang kuat. Hanya, tema yang biasanya  serius dan mengundang potensi kebosanan akut itu dikemas dengan lebih ringan dan segar. Sepintas kisah semacam ini mirip dengan All About My Romance yang tayang pada 2013.

Nah, untuk urusan romantis, pasti jadi milik tokoh utama serial ini, yakni Mi-rae dan Jo Gook. Lumayan kocak dan segar mengikuti bagaimana awal perkenalan hingga keduanya jatuh cinta. Sosok Mi-rae yang berubah jadi kekanak-kanakan saat berdua dengan Jo Gook, juga sikap Jo Gook yang mendadak penuh perhatian padahal di luar selalu cool, kala bersama Mi-rae, bikin gemes 😉

Supaya komplet, serial ini juga menyuguhkan bagian sendu, di mana cinta Mi-rae dan Jo Gook diuji karena rencana jahat ayah Jo Gook, BB (Choi Il-hwa) dan tunangan Jo Gook, Go Go-hae (Yoon Se-ah).

Buat saya, duet Sun-ah dan Seung-won di City Hall lebih pas daripada kolaborasi Seung-won dan Gong Hyo-jin di The Greatest Love (bisa dibaca di sini). Karakter Mi-rae yang kadang tak tau malu, manja, berpadu dengan Jo Gook yang kesepian tapi sangat pede. Seung-won nyaris selalu tampil in his sharp suit untuk peran politisi ganteng Jo Gook. Kalau pun tak sedang mengenakan jas, gaya busana Jo Gook tetap keren yang membuat Seung-won terlihat begitu charming 😛

Secara keseluruhan serial ini termasuk menarik dan pantas dijadikan teman untuk membunuh waktu. Saya saja yang menganggap tidak punya banyak waktu, masih sempat nonton 20 episodenya dalam tempo tiga hari kok… He he he..  Oya, satu lagi, OST di sepanjang serial ini juga bagus didengar. So, happy watching!

 

Kim Sun-ah as Shin Mi-rae
Cha Seung-won as Jo Gook
Chu Sang-mi as Min Joo-hwa
Lee Hyung-chul as Lee Jung-do
Yoon Se-ah as Go Go-hae
Jumlah episode: 20
Sutradara: Shin Woo-chul
Tayang di: SBS, 29 April-2 Juli 2009

 

Advertisements

One thought on “The City Hall

Comments are closed.