Monster Fish

In his quest to save the world’s big fish, aquatic ecologist Zeb Hogan has wrangled what’s currently the world’s biggest known freshwater species, the Mekong Giant Catfish.  But is it really the biggest? We’ll join Zeb as he travels the globe, seeking out the leading contenders in a quest to better understand them as he fights to protect them.

It’s a heart-pounding adventure as Zeb heads into some remote areas and wild waters, braving piranha, crocodiles, and a host of other hazards.  Along the way, he’ll explore the local haunts and find out how these massive creatures figure into the local culture-the lore surrounding them, their role in the ecosystem, awesome physical features, strange behavior, and the surprising cycles of life that transform a thumb-sized larvae into a 400-pound beast.

Dua paragraf di atas merupakan penjelasan perihal Monster Fish TV show seperti yang tertulis di situs natgeo.com. Tayang di saluran Nat Geo setiap Rabu malam, selama satu jam kita diajak mengikuti perjalanan Zeb Hogan menemukan spesies ikan berukuran raksasa sekaligus usaha yang dilakukannya untuk menyelamatkan spesies ikan tersebut dari ancaman kepunahan. Biasanya Zeb tak bekerja seorang diri tapi bekerja sama dengan ilmuwan lokal untuk melakukan sejumlah riset.

Sesuai judul shownya, Monster Fish, maka yang menarik dalam acara ini tentu saja adalah ‘pertunjukan’ ikan-ikan berukuran raksasa alias ‘monster’ yang berhasil ditemukan oleh Zeb dan krunya. Benar-benar jumbo ikannya…

Zeb tak akan puas jika menurutnya belum menemukan ikan yang masuk kategori mega fish itu. Seringnya saya mengira ikan yang dipegang Zeb sudah besar, eh ternyata dengan cueknya om host itu bilang; “Ikan ini besar tapi yang aku harapkan adalah menemukan mega fish”. Direlease-lah ikan tersebut, dan tak berapa lama kemudian Zeb benar-benar menemukan mega fish-nya. Ikan yang ukurannya segede orang, bahkan lebih besar dari Zeb, sering banget ditunjukkan di acara ini.

Bila yang kita bicarakan ini adalah ikan yang hidupnya di laut, mungkin saya tak terlalu excited lantaran ikan jumbo yang habitatnya di air laut terbilang banyak dan umum. Tidak heboh lagi melihatnya. Nah, di acara ini ‘perburuan’ Zeb hanya dikhususkan untuk jenis ikan yang habitatnya di sungai alias freshwater fish.

Ternyata sungai menyimpan pesona sama menariknya seperti laut. Jenis ikan yang dipertontonkan di acara ini juga beraneka ragam. Maklum setau saya ikan air tawar tuh tidak ada yang menarik bentuknya. Ya, begitu-gitu saja maksud saya.

-from natgeo.com-

Dalam salah satu episodenya, Zeb mengupas soal ikan Alligator Gar. Bentuk ikannya unik banget, punya mulut (atau moncong ya), hampir menyerupai moncong buaya. Makanya ikan itu diberi nama alligator. Sisik ikan itu sangat keras hingga ilmuwan harus menggunakan bor untuk memasukan alat pendeteksi di tubuh sang ikan. Agak ngeri sih melihatnya, tapi kru Monster Fish ini terlihat sangat profesional.

Dalam setiap episodenya mereka memperlihatkan kehatian-hatian tinggi dalam memperlakukan ikan-ikan yang berhasil mereka tangkap. Apalagi jika spesies ikan tersebut diambang kepunahan seperti Alligator Gar. Setelah cukup mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan segera mereka melepaskan ikan kembali ke sungai. FYI, Alligator Gar ini termasuk spesies ikan jaman dinosaurus yang survive hingga sekarang. Tak heran bentuknya unik begitu..

Episode menghibur lainnya yakni ketika Zeb berada di Spanyol untuk mendapatkan informasi tentang catfish. Dalam bahasa Jawanya, iwak lele.. Bukan sembarang ikan lele, karena lele ini bisa berumur hingga 50 tahun dan ukurannya melebihi Zeb. Karena ikan ini suka bersembunyi di daerah berlumpur, cara menangkapnya juga agak ribet. Sampai perlu pakai alat yang dialiri listrik gitu, dan tau-tau si ikan pingsan…

Saat berada di Thailand, Zeb dan krunya berhasil memancing Stingray freshwater fish, alias ikan Pari. Diameter ikan itu hingga sekitar dua meter. Butuh lima orang untuk mengangkat ikan tersebut ke pinggir sungai.. Kebanyakan ikan-ikan besar dalam acara ini ditangkapnya dengan jalan dipancing. kebayang kan perjuangannya kayak apa. Tapi, semuanya sebanding jika sudah berhasil membawa ikan ke dalam perahu dan mengamati ukurannya. “This is definitely a mega fish,” kata Zeb senang.

Advertisements