Does My Bum Look Big in This?

Satu lagi chickLit yang memakai gaya penulisan ‘buku harian’. Judulnya Does My Bum Look Big in This? alias Besar Itu Indah. ChickLit ini hampir mirip dengan Bridget Jones’s Diary. Kesamaannya; cerita pada diary kedua tokoh wanita utama dimulai dari awal Januari berisi resolusi tahun baru, dan berakhir di akhir tahun dengan happy ending. Inti ceritanya juga hampir serupa yakni tentang wanita yang kurang percaya diri dengan tubuhnya yang tak ramping.Does My Bum Look Big in This?

Jacqueline M. Page merasa sangat tak percaya diri dengan tubuhnya yang dianggapnya sangat gendut. Dia bahkan sangat malu dengan selulit-selulitnya dan bokongnya yang menurutnya besar. Jackie menganggap dirinya sama sekali tak menarik. Saking tak pede dengan kondisi tubuhnya itu, dia bahkan memandang berbagai hal dengan negatif.

Contohnya nih saat Jackie ditaksir dua pria, Andy dan Carlo Pozzi. Jackie justru berpikir semua perhatian yang diberikan kedua pria itu bukan untuk dirinya. Parahnya Jackie berpikir sikap Andy dan Carlo yang baik kepadanya karena keduanya itu homo he he he (lucu atau malah menyedihkan ya?) Saat bersama dengan rekannya di kantor atau tetangga apartemennya, Jackie juga sering kali berpikir negatif tentang ucapan atau sikap mereka.

Pokoknya pikiran Jackie selalu saja dilandasi ketidakpedeannya akan tubuhnya. Mengikuti terapi dan seminar tentang selulit dan berat badan pun tak cukup mengatrol rasa percaya dirinya. Sampai akhirnya Jackie diinterview oleh sebuah majalah. Profilnya dimuat dalam artikel ‘Wanita-Wanita Besar dalam Bisnis’ di majalah Spare Tyre. Jackie gembira lantaran dalam artikel tersebut dirinya disebut paling ramping dibanding dua wanita lainnya yang juga ikut masuk dalam artikel itu.

Besar itu Indah bookcoverJadi si Jackie ini terbangun kepercayaan dirinya gara-gara disebut si penulis artikel ‘paling ramping’, bukan karena mengetahui potensi dan kemampuan yang ada di dirinya sebagai koordinator senior konferensi di Pellet Corporation sehingga layak dimuat di majalah tersebut (lucu atau menyedihkan coba?).

Yah begitulah.. Beberapa wanita yang terobsesi dengan bentuk tubuhnya terkadang melupakan kelebihan atau potensi dalam dirinya. Yang ada hanya soal bagaimana membentuk tubuhnya ramping ideal agar diterima masyarakat (baca: lawan jenis) tak peduli sebenarnya ia memiliki potensi yang bisa ditunjukan keluar, dan yang terpenting, tak semua pria cuma tertarik pada wanita ramping.

Does My Bum Look Big in This? dan Bridget Jones’s Diary memang punya cerita mirip. Dari suatu situs review aku bahkan menemukan, katanya, DMBLBiT? sebagai imitasi dari Bridget Jones’s Diary. Bisa jadi sih soalnya BJ’s Diary setahun lebih dulu beredar ketimbang DMYLBiT? Tapi bagi saya lebih enak membaca DMYLBiT? daripada Bridget Jones’s Diary. DMBLBiT? terkesan lebih simple jalinan ceritanya. Tak banyak melibatkan tokoh-tokoh lain dan terlalu membosankan seperti BJ’s Diary…

Pengarang: Arabella Weir
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 271 lembar
Cetakan kelima, September 2005

Advertisements